5 Wisata Kuliner Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi Sekarang

5 Wisata Kuliner Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi Sekarang

Posted on | 2 Comments

5 Wisata Kuliner Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi Sekarang. Pastinya tidak lepas dari wisata kuliner khas Jogja. Bisa jadi kamu bimbang mencari menu masakan yang khas dari Kota Jogja ini. Umumnya, kamu musti bertanya, Kalo santapan yang khas di Jogja apa saja?.

Buat mengalami itu, plaosan wisata membagikan rujukan kepada kamu dengan membagikan 5 wisata kuliner di Jogja yang harus kamu kunjungi. Tempat-tempat kuliner ini sangat bermacam-macam, mulai dari santapan berat, ringan sampai tempat kuliner yang jadi kesukaan Raja Keraton Jogja. Plaosan wisata pasti pilihkan dengan konsep yang unik serta menarik untuk kamu semuanya.

 

Berikut kat ini catatan wisata kuliner yang harus kamu kunjungi sepanjang terletak di Jogja:

 

1. Bakmi Jowo

Bakmi Jowo di Jogja jelas sangat berbeda serta mempunyai khas tertentu, Tidak hanya rasanya yang gurih. Bakmi Jowo umumnya dimasak dengan memakai Anglo (tungku dari tanah liat dengan bahan baku arang).

Bakmi Jowo yang populer di Jogja anatar lain:

Bakmi Jowo Mbah Mo Dusun Code Manding Bantul. Posisinya sangat terpencil di dusun code, tetapi jadi incaran para pejabat serta artis kala berkunjung ke Jogja.

Bakmi Jowo Kadin. Bakmi Jowo yang telah populer semenjak dulu kala, posisinya dekat dengan Pakualaman, persis di samping Supermarket Superindo.

Bakmi Jowo Pak Pele, langganan para seniman Jogja. Posisinya di sebelah selatan Alun-alun Utara, ataupun dekat dengan Pagar Keraton.

 

2. Gudeg

Kamu telah ketahui gudeg? Bila belum silahkan baca postingan ini terlebih dulu. Banyak sekali penjual gudeg di jogja, bisa jadi kamu bimbang gudeg mana yang populer serta unik. Disini kami hendak menunjukkan keunikan gudeg di Jogja.

 

Gudeg Yu Djum, ialah legendaris gudeg di Jogja. Bila kamu mau menikmati kenyamanan, hendaknya kamu makan di rumah Yu Djum di wilayah Mbarek Jln Kaliurang Selokan Mataram, deket Kampus UGM Jogja. Seluruh warga di Indonesia serta Mancanegara tentu ketahui Gudeg Yu Djum, jadi ini wajib kamu kunjungi bagaikan rujukan wisata kuliner di Jogja.

 

Tidak hanya Gudeg Yu Djum, kamu pula wajib menikmati Gudeg Pawon. Gudeg Khas Jogja yang mempunyai Sensasi dalam menikmati santapan gudeg di dapur (pawon adalah bahasa Jowo). Bukanya cuma jam 11 malam, sampai jam 2 pagi saja. Posisinya di Jln. Janturan dekat dengan kampus Universitas Teknologi Yogyakarta.

 

Bosan ataupun kamu telah sempat mendatangi kedua tempat diatas? Plaosan wisata mereferensikan Gudeg Permata depan Bioskop Permata deket Pakualaman tidak hanya itu pula terdapat Gudeg Wijilan, bagaikan sentra Gudeg di Jogja.

 

3. Soto Khas Jogja

Santapan Soto pastinya kamu telah ketahui seluruh. Soto yang khas serta populer di Jogja merupakan Soto Kadipiro, yang terletak di Jln. Wates dekat perempatan Wirobrajan.

 

Di jalur ini kamu hendak menemui banyak Warung Makan Soto Kadipiro, tetapi yang asli merupakan Soto Kadipiro yang terletak di utara jalur. Soto Ayam yang tidak bersantan ini berdiri semenjak tahun 1921, dibentuk oleh Pak Karto Wijoyo.

 

Tidak hanya Soto Kadipiro, Soto yang populer di Jogja merupakan Soto Pak Sholeh yang terletak di Jln. Wiratama Tegal Rejo Jogja. Tepatnya Jalur masuk Museum Sasana Wiratama Pangeran Diponegoro. Penampilan soto yang bening serta seger nampak nikmat buat dinikmati siang hari. Biayanya juga sangat terjangkau, ialah Rp 8.000 buat 1 porsinya.

 

4. Mangut Lele Mbah Marto

Wisata Kuliner khas Jogja yang tidak sering didengar merupakan Mangut lele ini. Mangut Lele, setimpal namanya menawarkan masakan olahan dari ikan lele. Tidak semacam masakan lele biasa, lele saat sebelum dimasak bersama kuah santan gurih serta pedas semacam kuah gulai, lele terlebih dulu terbakar diatas tungku, sehingga dagingnya matang dikala pembakaran.

 

Mangut Lele yang populer semenjak dulu merupakan Mangut Lele Mbah Marto, posisinya di Dusun Geneng Sewon Bantul, ataupun pas di balik Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja. Meski namanya Warung Sego Gudeg Geneng Mbah Marto, tetapi yang populer merupakan masakan Mangut Lelenya. Banyak golongan artis serta pejabat dari luar kota yang jadi langganan Mbah Marto.

 

Menu Warung Sego Gudeg Geneng Mbah Marto tidak hanya Mangut Lele, antara lain: Ceker, Gudeg Separuh Kering, Sambal Krecek, Sate Keong, Garang Asem. Harga satu jatah mangut lele sebesar Rp 8.000 ataupun 10.000 dengan menu komplit Nasi, Mangut Lele, Gudeg serta Sayur Daun Pepaya.

 

5. Oseng Oseng Mercon Bu Narti

Oseng oseng mercon pada dasarnya sama dengan sayur oseng- oseng yang lain, tetapi kelebihannya disini sayur-mayur oseng-oseng Bu Narti terasa bagitu pedas sampai dikatakan bagaikan oseng-oseng mercon.

 

Oseng-oseng mercon bu Narti ini terletak tidak jauh dari Malioboro, sehingga kamu lumayan berJln kaki mengarah perempatan kantor pos, serta mengarah ke arah barat  Rumah sakit PKU Muhammadiyah. Stelah pertigaan Rumah Sakit, masih ke barat kurang lebih 200m nanti kanan jalur terdapat spanduk Oseng-Oseng Mercon Bu Narti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป
× Klik Whatsapp