Candi Prambanan Jogja Paket Wisata Jogja

Candi Prambanan Wisata Menarik di Yogyakarta

Posted on | 2 Comments

Candi Prambanan Wisata Menarik di Yogyakarta Paling Favorit. Candi dan Yogyakarta ibarat sudah menjadi pasangan yang tidak dapat dipisahkan, dengan banyaknya candi di Yogyakarta ini adalah bukti bahwa Yogyakarta kaya akan sejarah dan budaya dari dulu hingga sekarang. Candi Prambanan yang sudah sangat terkenal adalah candi yang bercorak agama hindu. Candi ini adalah candi hindu Terindah di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Pesona yang dimiliki seakan tidak pernah luntur justru semakian kesini semakin ramai diminati oleh wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta.

Candi Prambanan memiliki tinggi 47 meter atau lebih tinggi 5 meter dari candi Borobudur. Berada disebelah timur Yogyakarta, sejatinya tempat wisata Candi Prambanan berada di antara 2 wilayah yaitu Yogyakarta dan Jawa Tengah, pintu masuk candi ini terletak di Kab. Klaten, Jawa Tengah sedangkan candi Prambanan sendiri terletak di Kab. Sleman, DIY. Jika berbicara sejarah, Candi Prambanan seolah sudah menjadi simbol kisah cinta yang melegenda dan terdengar akrab di telinga masyarakat Indonesia, cerita legenda tersebut merupakan kisah cinta seorang pangeran yang bernana Bandung Bondowoso yang memiliki ketertarikan dan jatuh cinta kepada seorang putri yang bernama Roro Jonggrang.

Sayangnya, sang putri Roro Jonggrang tidak mencintai Bandung Bondowoso, terjadilah cinta bertepuk sebelah tangan. Roro Jonggrang pun akhirnya mencari cara agar Bandung Bondowoso tidak lagi mencintainya, lalu Roro Jonggrang mengajukan syarat yang harus dipenuhi jika ingin tetap mencintainya, Bandung Bondowoso harus membuat 1.000 candi dalam waktu 1 malam yang terlihat mustahil. Dengan sangat yakin Bandung Bondowoso pun berani untuk menerima tantangan yang diajukan Roro Jonggrang, dengan kesaktiannya dan dibantu oleh bala bantuan dari bangsa jin akhirnya Bandung Bondowoso hampir menyelesaikan syarat yang diajukan Roro Jonggrang.

Melihat hal tersebut, Roro Jonggrang panik dan mencari cara agar Bandung Bondowoso gagal menyelesaikan 1.000 candi. Sang putri pun membangunkan selir-selirnya untuk menumbuk lesung dan membangunkan ayam jago agar berkokok dan membakar api disebelah timur supaya terlihat keadaan sudah pagi. Benar saja usaha Bandung Bondowoso membuat candi sudah mencapai 999 candi tinggal 1 candi lagi. Bandung Bondowoso pun kaget dan mencari tahu ada apa sebenarnya, tidak lama kemudian Bandung Bondowoso mengetahui dirinya dicurangi oleh Roro Jonggang. Mengetahui hal tersebut ia pun sakit hati dan murka sehingga Bandung Bondowoso mengutuk sang Roro Jonggrang menjadi arca untuk candi yang ke-1.000.

Seperti itulah kiranya sejarah dari Candi Prambanan. Dibalik cerita sejarah yang melegenda, Candi Prambanan menyimpan keindahan dan kemegahan yang luar biasa tidak kalah dengan lain. Keindahan Candi Prambanan mampu menarik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, terlebih saat musim liburan Candi Prambanan seakan menjadi destinasi wajib jika anda berwisata di Jogja selain Candi Borobudur. Di Candi Prambanan juga Terdapat suatu pertunjukan yang tidak kalah populer yaitu pertunjukan Ramayana Ballet atau Sendratari Ramayana, pertunjukan ini mengambil alur cerita dari relief yang berada di Candi Prambanan yang menceritakan kisah Ramayana. Pertunjukan ini dibuka untuk umum di setiap hari Selasa Kamis dan Sabtu.

Penasaran dengan betapa megahnya Candi Prambanan ini? Yuk join paket wisata jogja kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป
× Klik Whatsapp